Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Terminal Kh. Ahmad Sanusi

Penulis

  • Susan Diyana Putra Universitas Nusa Putra
  • Triono Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

kepuasan konsumen, Kualitas pelayanan, Customer satisfaction index

Abstrak

Salah satu sektor jasa yang memiliki peranan yang cukup vital dalam menunjang berbagai aktivitas sehari-hari adalah sektor jasa transportasi Teori yang di review berkaitan dengan teori tentang servqual, serta mengenai metode yang akan digunakan yaitu metode CSI (Customer Satisfaction Index) dan IPA (Importance Performance Analysis). Dengan sampel sebanyak 50 orang responden dan taraf signifikasi sebesar 5%. Berdasarkan perhitungan CSI diatas dapat dilihat bahwa tingkat kepuasan responden terhadap kinerja atribut terminal ini adalah sebesar 69 % dan nilai ini berada pada rentang 0.66-0.80 yang berarti secara keseluruhan responden puas.Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kepuasan Konsumen terminal KH. Ahmad Sanusi secara keseluruhan masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh berada diantara 64% - 71%, yaitu sebesar 69,45%. Variabel yang menjadi prioritas perbaikan pada penelitian kali ini dengan evaluasi dari hasil metode IPA (Importance Performance Analysis) terhadap kinerja pelayanan terminal KH. Ahmad Sanusi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-12