Analisa Karakteristik Pergerakan ke Kawasan Pabrik Industri di Kabupaten Sukabumi (Studi Kasus PT. Pratama Abadi Industri Jx)

Penulis

  • Erlin Oktaviani Universitas Nusa Putra
  • Bambang Jatmika Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Pabrik Industri, Analisa Berganda, SPSS

Abstrak

Pabrik Industri sebagai zona aktivitas merupakan zona-zona penarik pergerakan.mengingat jumlah tenaga kerja yang melakukan pergerakan ke kawasan tersebut cukup tinggi, maka di ambil permasalahan dalam penulisan penelitian ini adalah bagaimanakah pola perilaku pergerakan ke kawasan PT.Pratama Abadi Industri JX. Dan dikarenakan kawasan PT. Pratama Abadi Industri JX juga merupakan kawasan pemukiman, sehingga perlu adanya suatu pengidentifikasian pola perilaku pergerakan ke kawasan tersebut. Yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat untuk peningkatan pengembangan dan penataan wilayah di kawasan PT. Pratama Abadi Industri JX, serta kebutuhan sarana maupun prasarana transportasi.

Analisa ini dilakukan untuk menguji hubungan antara jumlah tenaga kerja yang berkunjung sebagai variabel tidak bebas (Y) dengan jawaban masig-masing pertanyaan yang ada pada kuesioner sebagai variabel bebas (X). Proses analisa regresi dilakukan dengan bantuan SPSS sehingga akan di dapatkan hasil analisa. Dalam menganalisa untuk menentukan hubungan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas digunakan nilai koreksi, semakin besar nilai koreksi maka semakin kuat hubungan antara variabel.

Dan hasil penelitian ini ada beberapa faktor yang merupakan karakteristik tenaga kerja yang dapat menyebabkan tanikan perjalanan ke Kawasan Pt.Pratama Abadi Industri Jx,     Moda Sepeda motor adalah moda yang paling banyak digunakan oleh tenaga kerja Kawasan Pt.Pratama Abadi Industri Jx, yaitu sebanyak 67,18 %. Adanya tenaga kerja yang bertempat tinggal di lokasi yang belurn terlayani oleh angkutan umum. Untuk tenaga kerja yang seperti itu mereka belum bisa meminimalkan biaya pengeluaran untuk transportasi tiap bulannya.

Jarak tempat tinggal tenaga kerja dengan Kawasan Pt,Pratama Abadi Industri Jx sebagian besar adalah berjarak antara 3 Km sampai dengan 5 Km yaitu 25, 64 % dengan status rumah pada umumnya adalah rumah pribadi sebanyak 64,61 %. Sedangkan untuk prosentase tipe rumah tinggal kos-kosan, kontrak, mess dan lainnya adalah sebesar 35,39 % hal ini menunjukan bahwa sebenarnya tenaga kerja masih banyak yang belum memiliki rumah pribadi. Dan mereka pada umumnya mencari tempat tinggal yang dekat dengan lokasi Kawasan Pt.Pratama Abadi Industri Jx. supaya dapat meminimalkan biaya pengeluaran untuk transportasi.

Berdasarkan hasil analisa, maka diperlukan peningkatan sarana dan prasarana di Kawasan Pt,Pratama Abadi Industri Jx, misalnya dengan penataan rute untuk melayani tenaga kerja yang bertempat tinggal di lokasi yang cukup Kemudian mengusahakan adanya pengembangan kawasan perumahan atau permukiman untuk tenaga kerja sehingga inereka dapat menpunyai rumah atau tempat tinggal yang lebih dekat dengan Kawasan pabrik sehingga diharapkan dapat mengurangi biaya transportai terutama disebabkan oleh pergantian moda angkutan yang lebih dan 1 (satu) kali.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-12