Analisa Efektifitas Sistem 13 Bak Kolam Pengolahan Limbah Cair (IPAL) 2 Industri PT. Mersi Farma Tm

Penulis

  • Zeny Rafiyanto Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Sistem, Ipal, Air Limbah

Abstrak

Program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) merupakan salah satu ketentuan dalam Perda Nomor 6 Tahun 2008 yang mengatur tentang Pengendalian Lingkungan Hidup, yang berfungsi untuk mengatasi masalah pencemaran air oleh limbah yang dihasilkan oleh industri rumah tangga dan industri kecil. Salah satu kawasan penghasil limbah cair di PT.mersi farma tm.

            Industri farmasi merupakan salah satu wujud pembangunan bidang kesehatan yang memiliki strategi dalam pengadaan obat-obatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Di samping peranannya dalam pembangunan di bidang kesehatan tersebut kegiatan industry farmasi juga memiliki potensi untuk menimbulkan berbagai dampak terhadap lingkungan

           Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi dengan pemilihan informan secara purposive. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari wawancara dan data sekunder yang berasal dari laporan hasil evaluasi program. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan, pelaksanaan program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 2 PT MERSI FARMA TM efektif apabila merujuk pada indikator penilaian efektivitas, yaitu pencapaian tujuan, system teknis bak kolam ipal dan pengolahan air limbah (ipal)

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-12