Analisa Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Asphalt Institute MS17 terhadap Kerusakan Ruas Jalan Jampang Tengah

Penulis

  • Muhammad Saepul Alam Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Jalan,, Kerusakan Jalan, Metode PCI, Metode asphalt institute ms17

Abstrak

Jalan adalah sarana transportasi untuk menghubungkan tempat satu ke tempat lainnya, secara umum jalan dibangun sebagai prasarana untuk memudahkan mobilitas dan aksesibilitas kegiatan sosial ekonomi dalam masyarakat.

Survei kerusakan secara detail dibutuhkan sebagai bagian dari perencanaan dan perancangan proyek rehabilitasi. Survey kerusakan perkerasan adalah kompilasi dari berbagai tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, lokasi, dan luas penyebarannya.

Beberapa penyebab kerusakan jalan antara lain genangan air pada permukaan jalan, beban lalu lintas yang berlebihan, perencanaan kurang tepat, pelaksanaan yang kurang baik dan pelaksanaan yang tidak sesuai rencana Perhatian harus diberikan terhadap konsistensi dari personil penilai kerusakan, baik secara individual maupun kelompok-kelompok yang melakukan survey.    Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kedua metode antara metode asphalt institute ms 17 dan metode pci terhadap kerusakan jalan di ruas jampang tengah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-12