Analisis Kerusakan Jalan di Ruas Jalan Raya pada Lapisan Permukaan (Studi Kasus : Jalan Pelabuhan 2 KM. 12 S/D KM. 15 Kab. Sukabumi)

Penulis

  • Hilman Taufik Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

kerusakan jalan, bina marga

Abstrak

Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan hubungan ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Namun jika terjadi kerusakan jalan akan berakibat bukan hanya terhalangnya kegiatan ekonomi dan sosial lainnya namun dapat terjadi kecelakaan bagi pemakai jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan, faktor penyebabnya serta mengetahui solusi yang paling tepat untuk penanganan kerusakan yang terjadi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Diawali dengan survey lokasi penelitian yang berlokasi di ruas Jalan Pelabuhan 2 Km.12 s/d Km. 15 Kab. Sukabumi. Selanjutnya  mengambil sampel data lapangan dengan data primer berupa hasil survei kerusakan jalan pada ruas jalan tersebut. Hasil survei jenis kerusakan jalan pada ruas jalan tersebut kemudian dilakukan analisis menggunakan metode Bina Marga. Metode ini merupakan suatu penilaian kerusakan dengan hasil akhirnya adalah berupa nilai urutan prioritas serta bentuk program pemeliharaan. Metode ini menggunakan penilaian pendekatan antara survei lalu lintas harian dan pengamatan jenis kerusakan, yang dilakukan  untuk mendapatkan nilai kondisi jalan serta nilai kelas LHR. Selanjutnya menentukan Urutan Prioritas (UP) dari nilai kondisi jalan yang dan kelas lalu lintas harian rerata (LHR). Kemudian akan diketahui nilai kerusakan jalan dan akan diketahui juga jenis pemeliharaan jalan yang dilakukan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-12