Analisis Produktivitas Galian dan Timbunan Menggunakan Alat Berat pada Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Cikembang-Sukabumi

Penulis

  • Ovi Noviardin Noor Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

alat berat, pltmh, sukabumi

Abstrak

Pelaksanaan proyek pembangunan pekerjaan tanah bisa dilakukan langsung dengan tenaga manusia (manual) atau menggunakan bantuan tenaga mesin (alat-alat berat). Pemilihan metode konstruksi atau kerja yang akan dipilih, tentunya tidak lepas dari pertimbangan- pertimbangan teknis dan ekonomis. alat-alat berat digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan.

Saat ini, alat berat merupakan faktor penting di dalam proyek, terutama proyek-proyek kontruksi dengan skala besar. Penggunaan alat berat dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Cikembang – Sukabumi bertujuan untuk memperlancar jalanya pembangunan. Kombinasi alat berat merupakan salah satu cara untuk menentukan alat berat yang akan dipakai, jumlah alat berat yang akan dipakai dan menghitung waktu dan biaya yang dibutuhkan oleh setiap kombinasi alat berat yang akan dipakai. Pekerjaan galian dan timbunan pada pembangunan bendungan membutuhkan beberapa kombinasi alat berat untuk menyelesaikannya. Maka dari itu dibutuhkan beberapa kombinasi alat berat untuk mengetahui produktivitas alat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-12